Dengan terus berkembangnya bisnis penjualan on line, maka semakin ketat pula persaingan web store atau on line shop di dunia maya. Hal ini dapat dimaklumi karena pangsa pasar pada bisnis on line di Indonesia masih sangat terbuka lebar. Merujuk pada harian Jawa Pos pada tanggal 10 September 2015, pada halaman Ekonomi Bisnis diperoleh data sebagai berikut:
- Pengguna aktif Internet di Indonesia 73 orang
- Netizen yang melek E-Commerce 7 %
- Nilai transaksi E-Commerce tahun 2014 USD 12 miliar
- Nilai transaksi E-Commerce tahun 2015 diperkirakan USD 20 miliar
- Nilai transaksi E-Commerce tahun 2016 diproyeksikan USD 24 miliar
Memang dengan sistem belanja on line, para shoppers semakin dimanja dengan berbagai kemudahan, serta memiliki lebih banyak piliha. Apalagi saat ini telah diluncurkan sebuah situs market place terbesar di Indonesia yang ikut meramaikan bisnis on line.
Bagi Anda pemilik on line shop atau web store, kami berikan 12 Jurus untuk bertahan sebagai berikut:
- Selalu utamakan kejujuran dalam setiap transaksi on line Anda, agar mendapatkan kesetiaan penuh dari pelanggan
- Manfaatkan seluruh media promosi yang ada, baik secara on line maupun secara off line, agar bisnis Anda tidak tersingkirkan
- Kembangkan networking yang telah Anda miliki dengan meamanfaatkan seluruh jaraingan media sosial
- Selalu up to date, dengan mencari tahu trend produk terbaru yang disukai konsumen, karena bisnis on line tidak terbatas pada penjualan satu macam produk
- Berikanlah harga yang kompetitif dan berikan branding yang kuat pada produk-produk yang Anda jual
- Jangan pelit memberikan diskon pada pembelian produk dalam jumlah besar
- Berikanlah door prize, hadiah atau semacamnya, karena banyak sekali orang yang suka dengan barang gratisan, termasuk saya
- Hormatilah kompetitor dan jangan memakai cara-cara yang merugikan orang lain
- Aktiflah di media sosial untuk merespon pertanyaan calon pembeli
- Sediakan kontak person yang mudah dihubungi dan meyakinkan pembeli. Kontak person dapat berupa nomor telpon, pin Black Berry Messanger, Whatsapp Messenger, e-Mail, Facebook dan Twitter
- Buatlah perjanjian dengan konsumen, bahwa untuk setiap produk yang tidak sesuai pemesanan, konsumen dapat mengembalikannya (return)
- Gunakanlah sistem dropship atau pengiriman langsung dari supplier ke buyer. Hal ini akan membuat bisnis Anda memiliki support dari pihak ketiga.
No comments:
Post a Comment